NEWS

Implementasi Teradata Banking Solution menjadi pilihan Bank Prisma Dana Sulawesi Utara
May 11, 2022 teradata
teradata
In News
Num of views : 208

Implementasi Teradata Banking Solution menjadi pilihan Bank Prisma Dana Sulawesi Utara

Solusi aplikasi perbankan Teradata mulai merambah ke kawasan utara dari Pulau Sulawesi. Setelah sebelumnya solusi Teradata juga digunakan di BPR Hasamitra Makasar dan Koperasi Marendeng Toraja di Sulawesi Selatan, selanjutnya penerapan solusi Aplikasi Perbankan Teradata menuju Menado Sulawesi Utara. Secara resmi pada tanggal 9 Mei 2022 Aplikasi Perbankan Teradata digunakan di seluruh cabang PT. BPR Prisma Dana. Awal mula pertemuan Tim Evaluasi Aplikasi dari Bank Prisma Dana dengan PT. Teradata Megah terjadi pada tanggal 13 Januari 2022 s.d 14 Januari 2022 Kala itu manajemen Bank Prisma Dana mengutus tim yang terdiri dari para petugas senior di Bank Prisma Dana, untuk melihat secara langsung solusi yang ditawarkan oleh PT. Teradata Megah. Selama 2 hari Tim dari Bank Prisma Dana mengevaluasi Aplikasi Perbankan yang ditawarkan oleh Teradata secara detil dan menyeluruh. Berbekal pengetahuan yang mendalam dari para staf Bank Prisma Dana, maka evaluasi aplikasi dilakukan secara detil dan menyeluruh sehingga evaluasi benar-benar berjalan dengan efektif dan diskusi berjalan dengan sangat menarik. Setelah pertemuan tersebut, Bank Prisma Dana tidak memerlukan waktu lama dalam memutuskan untuk menggunakan solusi Perbankan Teradata.

Gambar 1. Pimpinan PT. Teradata dan BPR Prisma Dana berfoto bersama setelah penandatanganan MOU. Dari kiri ke kanan Ibu Nurul Aini (Kepala Divisi Support Teradata), Bapak Sosrowinarsidiono (Direktur Teradata), Bapak Sandford Jonathan (Direktur Utama Teradata), Bapak Johanis Salibana (Direktur Utama BPR Prisma Dana), Bapak Hendry Lumintang (Komisaris Utama BPR Prisma Dana), Bapak Audy Lumintang (Komisaris BPR Prisma Dana), Bapak Silvanus Senduk (Direktur Pemasaran BPR Prisma Dana) dan Bapak Abid Takalamingan (Komisaris BPR Prisma Dana)
Gambar 2. Proses penandatanganan MOU oleh Bapak Johanis Salibana (Direktur Utama BPR Prisma Dana) dengan Bapak Sandford Jonathan (Direktur Utama Teradata)

 

Pelaksanaan Implementasi BPR Prisma Dana dalam waktu yang singkat dapat mempersiapkan data migrasi dengan cukup cepat dan baik.

 

Gambar 3 Bapak Johanis Salibana sedang menandatangani MOU

 

Gambar 4 Bapak Sandford Jonathan sedang menandatangani MOU

Kedua belah pihak segera membentuk tim implementasi baik dari Bank Prisma Dana maupun dari PT. Teradata Megah dan membuat jadwal persiapan implementasi. Salah satu tahapan penting dalam persiapan implementasi aplikasi perbankan adalah gap analysis. Guna mempercepat pelaksanaan gap analysis maka PT. Teradata Megah dan Bank Prisma Dana sepakat untuk melakukan pembahasan gap analysis secara daring (on line) mulai dari tanggal 23 Februari 2022 s.d 25 Februari 2022. Pembahasan dilakukan secara intens selama kurang lebih 3 hari. Menimbang akan keinginan manajemen PT. BPR Prisma Dana untuk dapat segera mengimplementasikan solusi Aplikasi Perbankan Teradata, maka segera setelah gap analysis dilakukan 3 minggu kemudian langsung dilakukan pelatihan penggunaan aplikasi. Bank Prisma Dana mengirimkan tim untuk disiapkan dalam penggunaan aplikasi. Proses pelatihan dilakukan secara tatap muka kontinu selama 1 minggu terlihat pada gambar 5.

Gambar 5 Training Karyawan BPR Prisma Dana di Bandung

Salah satu hal yang cukup sulit dalam melakukan migrasi dari satu aplikasi ke aplikasi baru adalah penyesuaian atau persiapan data dari aplikasi lama kedalam format atau kebutuhan di aplikasi baru. Hal yang cukup menarik dalam persiapan data yang dibutuhkan oleh aplikasi Teradata, dapat disiapkan dengan cukup cepat dan baik oleh Tim IT Bank Prisma Dana. Sehingga secara parallel dalam persiapan penyesuaian aplikasi dari hasil gap analysis juga langsung dilakukan UAT oleh Tim Implementasi Bank Prisma Dana. Semua proses persiapan dan tahapan implementasi di monitor secara langsung oleh tim manajemen Bank Prisma Dana, bahkan jajaran Direksi dan Komisaris sepakat untuk datang berkunjung ke kantor PT. Teradata Megah sekaligus melakukan penandatanganan kerja sama (gambar 1 dan gambar 2) sekaligus mengunjungi dan melihat Data Centre tempat solusi Teradata yang akan digunakan oleh Bank Prisma Dana. Secara keseluruhan BPR Prisma Dana merupakan salah satu klien Teradata yang sangat cepat melakukan tahapan implementasi mulai dari persiapan hingga aplikasi benar-benar dijalankan di semua cabang. Hal ini dapat terlaksana karena kerjasama baik yang ditunjukan oleh jajaran manajemen hingga seluruh staf Bank Prisma Dana.

Gambar 6 Salah satu kegiatan Implementasi di BPR Prisma Dana

Comments (0)

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*