NEWS

Solusi Otomasi Pelaporan LPS Teradata untuk Bank Maluku
December 9, 2021 teradata
teradata
In News
Num of views : 275

Solusi Otomasi Pelaporan LPS Teradata untuk Bank Maluku

Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) mewajibkan setiap Bank Umum untuk dapat memberikan informasi menyeluruh terkait simpanan dan pinjaman setiap Nasabah pada Bank serta nilai Simpanan yang dapat dijamin sesuai dengan ketentuan program penjaminan simpanan. Dari informasi tersebut diharapkan LPS mendapatkan Single Customer View (SCV). Ketentuan tersebut dituangkan dalam PLPS No. 5 Tahun 2019 Tentang Pelaporan Data Penjaminan Simpanan Berbasis Nasabah Bank Umum (PLPS SCV).

Guna memudahkan Bank dalam melakuan ektraksi data untuk membentuk pelaporan dengan format yang sesuai dengan keinginan LPS, maka PT. Teradata Megah membuat Modul Pelaporan LPS. Modul ini merupakan aplikasi Interface yang dibuat untuk mengelola data replikasi database Core Banking (Data Warehouse) ke dalam bentuk laporan yang sudah siap dikirim ke Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) dengan mengacu kepada pedoman Pelaporan SCV Bank Umum dan Materi Sosialisasi Pelaporan SCV Bank Umum.

Modul Pelaporan LPS PT. Teradata Megah melakukan proses Drafting Laporan-laporan LPS sebagai berikut :

Gambar 1. Laporan LPS yang digunakan oleh Bank Maluku

Modul Pelaporan LPS yang dikembangkan oleh PT. Teradata Megah didesain untuk mensupport dalam proses pengambilan data dan Drafting Laporan LPS dari core banking Bank Maluku

PT. Teradata Megah sebelumnya telah mengembangkan modul pelaporan LPS untuk Bank Lampung yang merupakan salah satu pengguna aplikasi Teradata Banking System ini diberikan sebagai bagian dari Anual Service. Berdasarkan pengalaman pengembangan aplikasi di Bank Lampung tersebut maka Bank Maluku meminta PT. Teradata Megah untuk dapat memberikan solusi tersebut di Bank Maluku. Ada beberapa penyesuaian yang perlu dilakukan dalam membuat solusi Pelaporan LPS untuk Bank Maluku. Hal ini disebabkan karena Core Banking Bank Maluku tidak dibuat oleh PT. Teradata Megah. Sehingga Alur proses pelaporan LPS Bank Maluku (gambar 2) berbeda dengan Bank Lampung yang menggunakan Core banking System Teradata.

Berikut Alur transaksi LPS aplikasi Teradata

Gambar 2. Alur Proses Pelaporan LPS Bank Maluku

Guna memudahkan proses pengambilan data dari Core Banking diperlukan mapping dari data Core Banking ke dalam bentuk tabel-tabel untuk proses Drafting Laporan LPS, Tim Pelaporan LPS Bank Maluku bertemu dan berdiskusi dengan Tim Teradata (gambar 3) sekaligus melakukan uji coba Pelaporan di kantor PT. Teradata Megah yang terbagi menjadi 2 tahap. Tahap I yang dimulai dari tanggal 09 Juni s.d 11 Juni dengan pembahasan awal seperti menyamakan persepsi pedoman LPS antara Bank

Gambar 3 Tim Pelaporan LPS Teradata (kiri) – Bank Maluku (kanan)

Maluku dengan Teradata dan konsep untuk pengambilan sumber data LPS dilanjutkan dengan dilakukannya mapping data core banking bank maluku dengan struktur aplikasi LPS Teradata serta mapping-mapping khusus modul LPS. Selanjutnya pada tahap II yang dilaksanakan tanggal 17 November s.d 24 November 2021 Bank Maluku melakukan finalisasi aplikasi sesuai dengan pedoman LPS disertai dengan dilakukannya uji coba pelaporan LPS dengan didampingi oleh tim Teradata.

Berbasis pada pengalaman pembuatan pelaporan APOLO untuk Bank Maluku, maka proses kerjasama antar pihak dapat berjalan dengan baik. Secara marathon proses persiapan dan pelaporan dapat diselesaikan dan dilaporkan dengan baik.

Pada kesempatan yang sama pada tanggal 25 November 2021 Direktur Bisnis Bank Maluku Ibu Jetty Likur juga menyempatkan hadir ke Kantor PT. Teradata Megah untuk memantau jalannya persiapan implementasi sekaligus menandatangi Surat Perjanjian Kerjasama pemberian Solusi Pelaporan LPS PT. Teradata Megah untuk Bank Maluku (gambar 4 dan gambar 5).

Gambar 4. Bapak Sandford Jonathan (Direktur Utama Teradata) menandatangani Surat Kesepakatan Pemberian Solusi Pelaporan LPS

Gambar 5. Ibu Jetty Likur (Direktur Bisnis Bank Maluku) menandatangani Surat Kesepakatan Pemberian Solusi Pelaporan LPS

Gambar 6 (dari arah kiri ke kanan) Bapak Yondri, Ibu Irma, Ibu Melattie, Ibu Fanny Rahakbauw, Ibu Jetty Likur, Bapak Sandford Jonathan, Ibu Nurul Aini

Comments (0)

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*