NEWS

Modul Interface SWIFT RTGS G2 milik Teradata diimplementasikan di Bank BCADigital
November 15, 2021 teradata
teradata
In News
Num of views : 35

Modul Interface SWIFT RTGS G2 milik Teradata

diimplementasikan di Bank BCADigital

Salah satu metode pengiriman uang antar bank yang cukup diminati oleh pelaku bisnis di Indonesia adalah penggunaan fasilitas RTGS (Real Time Gross Settlement). Karena disamping batas limit pengiriman yang cukup besar proses transfer antar bank ini juga bersifat real time. Agar konektivitas antar bank dapat berjalan menggunakan fitur ini, maka Bank Indonesia menjembataninya dengan membuat aplikasi BI-RTGS yang dapat berkomunikasi dengan semua Bank anggota kliring BI.

 

Fasilitas transaksi RTGS yang digunakan BCADigital.
Terdapat menu yang dapat dipilih oleh pengguna aplikasi untuk memasukan data-data yang dibutuhkan dalam melakukan transfer RTGS ke rekening bank tujuan ataupun transfer masuk dari rekening bank asal.

Gambar 1. Fasilitas Transaksi RTGS G2

Pada aplikasi core banking buatan PT. Teradata Megah, fasilitas ini merupakan bagian yang terintegrasi dengan core banking. Pada aplikasi Teradata Banking System (aplikasi core banking buatan PT. Teradata Megah), terdapat menu yang dapat dipilih oleh pengguna aplikasi untuk memasukan data-data yang dibutuhkan dalam melakukan transfer RTGS ke rekening bank tujuan ataupun transfer masuk dari rekening bank asal. Modul utama yang penting agar data yang di-input oleh pengguna dapat langsung dikirimkan ke server Bank Indonesia, adalah Modul Interface RTGS G2 yang dibuat menggunakan standard message yang diminta oleh Bank Indonesia, yaitu format SWIFT, yang terkoneksi langsung dengan aplikasi Bank Indonesia. Sehingga pengguna dalam hal ini tidak perlu melakukan 2 kali input data. Hanya dengan satu kali input di menu RTGS, maka data-data yang dimasukan akan ditransformasi oleh modul tersebut untuk disesuaikan dengan format SWIFT yang dibutuhkan oleh aplikasi RTGS Bank Indonesia.


BCADigital menggunakan modul Interface RTGS yang dimodifikasi khusus oleh PT. Teradata Megah dengan format komunikasi antar aplikasi Interface RTGS Teradata dengan BI menggunakan SWIFT EXTENTION for BI RTGS Gen 2.


Modul Interface RTGS inilah yang juga digunakan oleh Bank BCADigital. Modul ini dimodifikasi khusus agar dapat berinteraksi dengan data-data yang dimiliki pada core banking BCADigital dan aplikasi RTGS Bank Indonesia. Format komunikasi antar aplikasi Interface RTGS Teradata dengan BI menggunakan SWIFT EXTENTION for BI RTGS Gen 2. Sedangkan Komunikasi dengan core banking menggunakan file sistem dengan format teks file delimeter dengan extention .CSV,  proses pembacaan file sistem tersebut menggunakan konsep standby transaction baik outgoing ataupun incoming. Skema Aplikasi dapat dilihat pada Gambar 2 pada artikel ini.

Gambar 2. Skema Aplikasi BI-RTGS BCADigital

Setelah melalui serangkaian uji coba dan penyesuaian-penyesuaian yang diminta oleh pihak Bank, maka pada tanggal 29 Oktober 2021 modul ini mulai diimplementasikan di Bank BCADigital. Solusi ini bukan merupakan solusi pertama yang dipercayakan oleh Bank BCADigital kepada PT. Teradata Megah. Sebelumnya Bank BCA Digital juga telah menggunakan solusi aplikasi pengelolaan General Ledger yang telah digunakan sejak tanggal 7 Desember 2020 dan pelaporan ANTASENA juga telah digunakan sejak Akhir Juni 2021. Pada saat artikel ini dibuat PT. Teradata Megah juga sedang menyelesaikan Aplikasi Pengelolaan Persediaan, Aktiva serta Kewajiban, yang disebut oleh Bank BCA Digital sebagai Aplikasi Logistik, untuk dapat segera di implementasikan pada bulan-bulan ini di Bank BCA Digital.

Comments (0)

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*