NEWS

Implementasi Teradata Banking System di BPR Serang
September 3, 2021 teradata
teradata
In News
Num of views : 63

Implementasi Teradata Banking System di BPR Serang

BPR Serang merupakan salah satu BPR Perseroda milik pemerintah kabupaten Serang, provinsi Banten yang telah berdiri sejak tahun 2010. Dalam waktu 10 tahun BPR Serang telah menjadi BPR Perseroda yang besar bahkan masuk dalam list 50 BPR Perseroda terbaik berdasarkan infobank.

Pada bulan Juni 2020 staff dan direksi Bank Serang beserta Setda Kab Serang mengunjungi kantor Teradata untuk studi banding aplikasi perbankan, Teradata yang diwakilkan oleh Bapak Sandford Jonathan sebagai direktur utama dan Bapak Sosrowinarsidiono selaku direktur menjelaskan aplikasi yang dibuat oleh Teradata. Di bulan berikutnya yaitu bulan Juli 2020, direksi bank Serang kembali berkunjung untuk melihat keseluruhan aplikasi yang dibuat oleh Teradata mulai dari core banking hingga mobile banking.

Setelah demo keseluruhan aplikasi, Bank Serang tidak langsung memutuskan untuk menunjuk Teradata sebagai penyedia layanan Core Banking System. Penunjukkan Teradata telah melalui berbagai evaluasi yang dilakukan oleh BPR Serang dan Pemerintah Kabupaten Serang. Di bulan yang sama tepatnya tanggal 13 Juli 2020 sampai dengan 15 Juli 2020 dilakukannya GAP Analysis yang dilanjutkan dengan diskusi perubahan dan penambahan yang perlu dilakukan pada aplikasi Teradata untuk Bank Serang.

Tanggal 14 Agustus 2020 Bank Serang yang diwakilkan oleh Bapak Acep Heri Sumarna selaku Direktur Utama bersama-sama dengan Bapak Sandford Jonathan sebagai Direktur Utama PT. Teradata Megah menandatangani perjajian kesepakatan kerjasama (MOU) yang disaksikan oleh Sekda Kab Serang, yaitu Bapak Adjat Gunawan dan Komisaris Bank Serang, Bapak Mochamad Tahyar. Pada momen ini Teradata memperkenalkan aplikasi baru pada mobile banking yang sedang dikembangkan yaitu Branchless. Dengan ditandatanganinya MOU dan telah dilakukan GAP Analysis, langkah selanjutnya mulai dipersiapkan untuk dilakukannya migrasi dimulai dari upload data, training untuk trainer, pra UAT, UAT, training user sampai dengan pra migrasi. Setelah selesai kegiatan UAT di tanggal 10 Mei 2021, Bank Serang dan PT. Teradata Megah menandatangani perjanjian kesepakatan (MOU) untuk melanjutkan tahap berikutnya migrasi.

dari kiri ke kanan Bapak Adjat Gunawan (Sekda Kab Serang), Bapak Acep Heri Suhana (Direktur Utama Bank Serang), Bapak Sandford Jonathan (Direktur Utama Teradata), Bapak Dadi Suryadi (Direktur Kepatuhan Bank Serang), Bapak Mochamad Tahyar (Komisaris Bank Serang)
Proses penandatanganan MOU oleh Bapak Acep Heri Suhana (Direktur Utama Bank Serang) dengan Bapak Sandford Jonathan (Direktur Utama Teradata)


Bank Serang dituntut untuk lebih inovatif dan kreatif dalam mengembangkan bisnis, sehingga membutuhkan partner dalam bidang Teknologi Informasi yang dapat memberikan solusi dan support bisnis.


Training Karyawan Bank Serang di Bandung

Walaupun adanya pandemic Covid-19 tidak menyurutkan semangat para karyawan bank Serang untuk datang ke kota Bandung dalam rangka training aplikasi CBS di bulan November 2020. Training berlangsung cukup interaktif, dengan adanya tanya jawab yang dilakukan oleh karyawan bank serang kepada trainer Teradata. Proses selanjutnya pra UAT yang dilakukan oleh karyawan Bank Serang bertempat di kantor pusat Bank Serang, kegiatan berlangsung dari tanggal 8 s.d 10 April 2021.

Karyawan Bank Serang sedang melakukan kegiatan pra UAT

Setelah sukses melakukan pra UAT yang dilakukan oleh karyawan Bank Serang, di bulan berikutnya bulan Mei 2021 yang dimulai dari tanggal 3 Mei sampai 12 Mei 2021 melakukan UAT keseluruhan aplikasi core banking system dengan hasil UAT telah sesuai dengan kebutuhan Bank Serang. Selanjutnya Bank Serang dan Teradata berencana untuk melakukan migrasi dan implementasi di bulan Juni 2021, akan tetapi rencana tersebut ditunda sementara waktu.

Penundaan migrasi dan implementasi dikarenakan Bank Serang dan Teradata taat mengikuti aturan Pemerintah Indonesia. Proses implementasi dilakukan sesuai dengan ijin yang telah diberikan oleh Bank Indonesia (BI) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), sehingga proses migrasi dan implementasi mulai dilakukan pada bulan Agustus 2021.Selama proses pra migrasi tanggal 7 Agustus 2021 dan kegiatan implementasi dimulai dari tanggal 9 Agustus 2021 yang berlangsung di kantor Bank Serang didampingi secara penuh oleh Teradata.

Artikel ini dibuat setelah 1(bulan) aplikasi CBS Teradata diimplementasikan di Bank Serang. Semenjak implementasi hingga saat ini aplikasi CBS berjalan di Bank serang tanpa adanya kendala yang berarti. Di awal bulan September 2021 ini Bank Serang melanjutkan kegiatan implementasi untuk aplikasi Biller dan Self Inquiry sebagai penunjang layanan nasabah, saat ini nasabah Bank Serang sudah dapat melakukan pembayaran seperti pulsa postpaid, PDAM, telkom, BPJS, PLN, Multifinance, TV kabel, Kartu Kredit, PBB, Samsat dan GAS di teller. Selain pembayaran pada nasabah dapat juga melakukan transaksi pembelian pulsa, paket data, game online serta pengisian dana e-wallet. Sedangkan aplikasi Self Inquiry, memudahkan nasabah untuk melihat saldo, history transaksi tanpa harus mencetak rekening koran atau buku tabungan.

Harapan dari manajemen Teradata, dengan terjalinnya kerjasama antara Bank Serang dan Teradata, dapat meningkatkan kualitas bisnis dan SDM Bank Serang di bidang perbankan serta dapat meningkatkan kepuasan nasabah Bank Serang.

Comments (0)

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*