News

Bank Hasamitra beralih ke solusi Teradata Megah
July 3, 2020 teradata
teradata
In News
Num of views : 872

Bank Hasamitra beralih ke solusi Teradata Megah

Terhitung semenjak tanggal 15 Juni 2020 Bank Hasamitra mengganti solusi perbankan yang selama ini digunakan menjadi solusi perbankan PT. Teradata Megah. Sebagai BPR terbesar di wilayah Indonesia bagian Timur, Hasamitra memiliki fitur aplikasi perbankan yang cukup lengkap. Fitur – fitur Core Banking System yang terintegrasi, Mobile Banking, online transfer dari/ke Bank Umum, Open Banking API, VA online, SMS/WA notification, ATM-NSICCS, bill payment, restricted account management, Dukcapil, pelaporan ke OJK/BI/PPATK. semua fitur-fitur tersebut secara serentak sudah dapat digunakan oleh Bank Hasamitra.

Bank Hasamitra dikenal sebagai Bank yang memiliki visi pengembangan teknologi informasi yang cukup inovatif, sehingga membutuhkan partner vendor yang dapat bergerak dengan cepat dalam memberikan suppport. PT. Teradata Megah menjadi pilihan, setelah dilakukan evaluasi secara cermat dan menyeluruh yang dimulai dari tahun 2019. Hingga akhirnya pada bulan Februari 2020 diputuskan untuk memulai proses diskusi persiapan penggantian sistem.


Bank Hasamitra memiliki visi pengembangan Teknologi Informasi yang cukup inovatif, sehinga membutuhkan partner vendor yang dapat bergerak dengan cepat dalam memberikan support.


Karyawan BPR Hasamitra sedang melakukan training Aplikasi Teradata Banking System

PerwakilanBPR Hasamitra dengan PT.Teradata saat melakukan Clear Key Ceremony

Proses penggantian sistem di Bank Hasamitra memiliki tantangan yang cukup menarik karena bertepatan dengan adanya pandemic virus Covid-19. Posisi Hasamitra di Sulawesi Selatan, bukan merupakan kendala apabila tidak adanya pembatasan sosial berskala besar yang ditetapkan oleh pemerintah.  Sehingga interaksi secara langsung tidak mungkin dilakukan karena adanya pembatasan tersebut. Sementara target proses penggunaan sistem baru, harus sudah dapat dijalankan pada bulan Juni 2020. Menggunakan teknologi komunikasi yang ada semua proses persiapan tetap dilakukan. Komunikasi untuk diskusi, rapat dan proses UAT dilakukan menggunakan Conference Call (Makasar – Bandung). Tim implementasi yang solid yang dimiliki oleh Bank Hasamitra sangat membantu tim Teradata yang membagi proses UAT dalam 3 bagian besar yaitu tim untuk UAT dan persiapan Core Banking, tim untuk UAT dan persiapan Transaksi ATM dan Tim untuk UAT dan persiapan aplikasi mobile banking. Bersamaan dengan hal tersebut persiapan infrastruktur dan training bagi calon pengguna aplikasi di seluruh cabang, juga secara parallel dilaksanakan. Semua tahapan dipantau secara ketat oleh dewan komisaris dan direksi Bank Hasamitra, sehingga dukungan positif yang begitu nyata dari pihak manajemen menjadi salah satu faktor kunci proses implementasi dapat berjalan tepat waktu.