News

Koperasi Sumber Graha Inti memilih Solusi Teradata
November 15, 2019 teradata
teradata
In News
Num of views : 1,156

Koperasi Sumber Graha Inti memilih Solusi Teradata

Setelah melalui serangkaian evaluasi untuk mendapatkan solusi Aplikasi Koperasi yang dapat menunjang bisnis secara lebih kompetitif, akhirnya Koperasi Sumber Graha Inti (SGI) memilih PT. Teradata Megah sebagai vendor penyedia total solusi Teknologi Informasi. Pada awalnya pihak SGI mengundang Teradata untuk memaparkan solusi aplikasi Koperasi yang dimiliki. Pada tanggal 27 Agustus 2019 kepala departemen Business Operational Support (BOS) PT. Teradata Megah Ibu Nurul Aini dengan didampingi oleh ibu Wirma Junita (Staff Senior  Departemen BOS PT. Teradata Megah) menerima undangan dari Koperasi SGI untuk memberikan informasi global dari aplikasi Koperasi Teradata. Dari pertemuan tersebut pihak SGI meminta Teradata untuk mengajukan proposal akan solusi aplikasi koperasi Teradata yang akan diajukan untuk Koperasi SGI.

Pada tanggal 18 September 2019 SGI mengundang Teradata untuk membahas proposal yang telah diajukan. Proses pembahasan berlangsung di Kantor pusat operasional SGI di Perkantoran Sedayu Square Blok B No.29 Cengkareng, Jakarta Barat – 11730. Pihak SGI diwakili oleh Bapak Henry Amelius Corua dan dari PT. Teradata Megah diwakili oleh Bapak Sosrowinarsidiono. Dari pembahasan tersebut Teradata mengundang tim evaluasi SGI untuk mengunjungi kantor Teradata di Bandung untuk dapat lebih detil melakukan observasi terhadap aplikasi koperasi Teradata, supaya solusi  yang ditawarkan memang sesuai dengan kebutuhan Koperasi SGI.

Gambar 1. Tim Koperasi SGI dengan Teradata Megah

Maka pada tanggal 21 September 2019 bertempat di Kantor PT. Teradata Megah Jl. Hegarmanah No. 53 Bandung, tim Koperasi SGI yang diketuai oleh Bapak Pandi Wijaya selaku kepala Divisi Operasional datang bersama tim dari divisi operasional, akuntansi dan audit melakukan evaluasi disertai dengan simulasi terhadap transaksi-transaksi yang umum dan spesifik terjadi di koperasi SGI. Pihak Teradata telah menyiapkan aplikasi koperasi untuk demo tersebut yang disiapkan dan dipresentasikan oleh ibu Nurul Aini, ibu Wirma Junita dan bapak Jackson Anggakusuma. Tim dari Teradata yang dipilih untuk melakukan proses tersebut adalah mereka yang telah berpengalaman dalam melakukan implementasi di Koperasi Buana Artha Prima dan Koperasi Dana Grow.

Berdasarkan hasil evaluasi yang telah dilakukan tersebut, pihak manajemen SGI semakin percaya bahwa solusi yang diberikan oleh Teradata dapat diimplementasikan. Maka pada tanggal 24 September 2019 dilakukan finalisasi pembahasan penawaran dari Teradata yang kemudian diputuskan oleh pihak manajemen untuk menggunakan solusi Teradata sesegera mungkin. Berdasarkan pada pengalaman sebagai vendor pengembang aplikasi di dunia institusi finansial selama lebih dari 25 tahun, kepercayaan yang diberikan oleh Management SGI menjadi tantangan tersendiri bagi PT. Teradata Megah. Koperasi Sumber Graha Inti berencana untuk memperluas jaringan operasinya di beberapa kota besar di Indonesia. Sehingga di bulan Oktober 2019 tim dari Koperasi SGI maupun PT. Teradata Megah bergerak cepat untuk mempersiapkan tahapan-tahapan yang diperlukan untuk implementasi. Proses migrasi data, penyesuaian aplikasi dan pelatihan diharapkan dapat selesai pada bulan November 2019. Sehingga ditargetkan pada bulan Desember 2019 aplikasi koperasi Teradata sudah live dijalankan di Koperasi Sumber Graha Inti.