News

Pelatihan Aplikasi Fixed Asset Management Koperasi Buana Artha Prima
September 18, 2019 teradata
teradata
In News
Num of views : 667

Pelatihan Aplikasi Fixed Asset Management Koperasi Buana Artha Prima

Bertempat di kantor PT. Teradata Megah Jl. Hegarmanah No. 53 Bandung, beberapa staf dari Koperasi Buana Artha Prima melakukan pelatihan penggunaan aplikasi Fixed Asset Management yang rencananya akan segera diimplementasikan. Pelatihan berlangsung sejak tanggal 9 September 2019 dan berakhir pada tanggal 13 September 2019.

Gambar 1. Presentasi Aplikasi Fixed Asset Management di Kantor PT. Teradata Megah

Semenjak menggunakan solusi aplikasi koperasi dari PT. Teradata Megah sejak tahun 2018, Koperasi Buana Artha Prima terus berupaya untuk melengkapi berbagai fitur yang saat ini telah dikembangkan oleh PT. Teradata Megah guna menunjang proses operasional yang lebih effektif dan efisien. Sehingga proses administrasi secara umum dapat dilakukan dengan terorganisasi lebih baik melalui penerapan aplikasi yang tepat guna.

Flowchart Umum

Gambar 2. Alur Modul Kewajiban

Aplikasi Fixed Asset Management yang dilatih oleh Tim Koperasi Buana Artha Prima merupakan aplikasi berbasis web yang dikembangkan oleh Teradata untuk membantu suatu institusi dalam melakukan manajemen aktiva dan inventaris juga persediaan dan kewajiban. Pihak institusi memperoleh kemudahan dalam mengelola transaksi aktiva dan inventaris secara terkomputerisasi. Proses komputerisasi dilakukan sejak awal pemesanan dari bagian-bagian yang membutuhkan, kemudian pembelian oleh bagian umum atau instansi yang diberi kewenangan hingga penggunaan. Seluruh transaksi tercatat secara lengkap dan juga akan terbentuk jurnal pembukuan, sehingga institusi akan mudah melakukan pemantauan dan perencanaan terkait kebutuhan barang-barang persediaan, aktiva dan inventaris yang diperlukan.

Aplikasi Fixed Asset Management yang digunakan oleh Koperasi Buana Artha Prima adalah aplikasi Fixed Asset Management Generasi Ke-3 yang telah dikembangkan oleh PT. Teradata  Megah. Aplikasi tersebut telah mengalami penambahan fitur serta pengembangan-pengembangan semenjak aplikasi Fixed Asset Management Generasi Ke-1 yang bersifat Thin Client dan Generasi-2 yang berbasis Java Desktop yang sudah digunakan di beberapa klien PT. Teradata Megah.

Gambar 3. Tampilan Aplikasi Umum (Fixed Assets) Teradata

Fitur yang unik yang dimiliki oleh aplikasi ini adalah adanya pengelolaan kewajiban Institusi terhadap pihak lain. Baik kewajiban yang sifatnya dimuka ataupun dibelakang. Contoh pengelolaan kewajiban adalah sewa gedung atau kontrak sewa jasa tertentu yang secara aplikasi disimpan dan dapat dikeluarkan laporan-laporan yang diperlukan untuk kemudahan dalam pengelolaan kewajiban. Gambaran alur dari kewajiban yang dikelola dalam aplikasi ini dapat dilihat pada gambar 2 di atas.

Gambar 4. Diskusi Aplikasi Fixed Asset Management Koperasi Buana Artha Prima